Minggu, 22 Februari 2009

Gigi Palsu / denture yang lentur Valplast

Valplast adalah Nylon Thermoplastic yang lebih tipis dan lebih translucen dari pada gigi palsu biasa. Pasien lebih menyukai karena nyaman dan bebas metal/logam. Valplast flexibel yang tetap kuat tidak bisa patah. Garansi Lifetime apabila patah. Valplast sangat baik dalam estetika, tidak menggunakan kawat retensi tetapi perlekatan dalam rongga mulut sangat baik. Valplast sebaiknya tidak di gunakan pada Free end unilateral atau bilateral karena akan tidak stabil. Untuk pasien dengan oral hygiene yang buruk akan menyebabkan valplast menjadi berubah warna pada plat.

Kekurangan pada gigi anterior harus menggunakan sayap labial sehingga mengurangi estetika.
Biaya pembuatan bervariasi di tiap kota tergantung dokter gigi
Keuntungan Valplast:
1. Nyaman, ringan, tipis dan flexibel
2. Menunjang estetika dan biokompatibel
3. Tidak perlu preparasi gigi dan jaringan
4. Lebih tahan lama dari pada akrilik

Indikasi Valplast:
1. Semua Klasifikasi denture kecuali yang free end
2. Pasien yang sensitif terhadap metal

Kontraindikasi:
1. Gigi semua goyang
2. Hanya terdapat 1 gigi asli

Insersi Valplast:








Sediakan air panas dalam gelas, sebelum insersi valplast direndam beberapa menit. Hal ini akan menambah flexibilitas dan adaptasi pasien terhadap valplast. Menambah kenyamanan pasien dan mudah di pasang.

Klik di www.valplast.com

115 komentar:

dok, sy bingung mo pake valplast ato akrilik. ada drg yg berpendapat valplast lama kelamaan akan merusak gusi...gusi bisa turun gitu.
disemarang kok harganya selangit..1 gigi pertama di sby cuman 175 ribu ? thanks

aku sudah lihat beberapa pasienku tidak mengalami penurunan gusi, bahkan gusi akan lebih menebal, penurunan gusi di sebabkan tulang alveolaris/ ridge yang mengalami keropos (osteoporosis), soal harga / tarip drg sangat bergantung pada status spesialis, lokasi, dan segmen pasien,, jadi bisa sangat berbeda

Drg.Thoriq,saya drg.Rima.Saya berencana membuatkan pasien saya valplast denture.Os,laki2,37 tahun,seorang pejabat pemerintah. Kehilangan gigi elemen 1.5,1.2,1.1,2.1,2.2,2.5.Os sebelumnya sdh menggunakan gt kerangka logam selama 2 tahun. Os minta bantuan saya untuk membuatkan gt yang baru karena yang lama sudah berubah posisi cengkramnya. Awalnya demi kenyamanan pasien untuk sementara sebelum valplast dibuat saya buatkan gt akrilik(krn prosesnya lbh cepat).Tp ternyata setelah insersi, os mengeluhkan overjet-overbite gt akrilik yang saya buat.Katanya terlalu maju(pdhl sy buat sesuai dgn ketentuan).Setelah sy perhatikan gt kl-nya yg lama, oleh drg sebelumnya dibuat edge to edge. Os yang sebelumnya sdh sy terangkan mengenai kelebihan valplast minta sy mengganti gt akriliknya dengan Valplast saja. Pertanyaan sy,dok...apakah posisi edge to edge memungkin untuk pembuatan valplast yang tidak menggunakan cengkeram? Sy khawatir lepas pd saat pasien makan. Terima kasih,dok...

Yth TS drg.Rima keuntungan pemakaian valplast adalah tidak menggunakan cengkeram apapun, retensi yang di dapat hanya dari valpalst itu sendiri berupa bentukan cangkolan ke gigi. Perlekatan ke mukosa lebih baik valplast drpd akrilik, adhesi di dapatkan jika insersi mnggunakan air panas terlebih dahulu. Jadi valplast tidak mungkin bisa lepas di saat makan atau bicara. Thx Semoga terjawab

hallo cak THoriq K yok opo khabare, wis sukses saiki enak nang Banjar. aku biyen yo tau th 1976.
tapi terus balik Suroboyo nang FKG UNAIR. nang kono onok biyen adikku saiki arp nyalon Gubernur, dukungen rek. jenenge : drg. Rosihan Adhani, salam nek riko ketemu. aku seneng blog-mu cantik
salam sukses
TIPONG - SURABAYA

Hallo juga dok,, pa kabar ni? pasti deh saya dukung, beliau atasan saya di dinas kesehatan...

Menurut saya vaplast it's ok, tapi jangan terlalu panjang kalao untuk free end....
Perlu dipertimbangkan juga bahwa sampai sekarang banyak literatur mengatakan: Partial Removable denture itu Major Connectornya harus RIGID

dok..bagaimana cara perawatan denture valplast ini oleh px? apa sama dengan denture akrilik. klas 3 dengan hanya kehilangan 1 gigi yaitu gigi premoler apa bisa didiindikasikan untuk pemakaian valplast???? trmkasih dok...nita,drg.

perawatan valplast hampir sama, cm valplast tidak perlu direndam ke dalam air jika tidak dipake, krn tdk menyerap air..Kehilangan 1 gigi bisa memakai valplast dok,mksh

selamat pagi dok...saya mau tanya tentang valplast...pasien saya kehilangan gigi 36,34,45&46,sebetulnya dari klasifikasi tidak apa pake valplast krn tdk freeend (37,38,47,48 lengkap),tapi gigi 47 mngalami resesi akar mesial sampai sepertiga apikal terbuka (tidak goyang),lalu gigi 26 (lawan gigi 36 yg akan diganti) sudah ekstrusi,tp jg tidak goyang,pasien mnolak dicabut karena trauma...memungkinkan tidak saya buatkan valplast?terima kasih sebelumnya dok

bisa, gigi 47 asalkan tidak goyang, yang resesi juga bisa tertutup oleh plat valplast, kalo ekstrusi selama masih ada cukup space untuk denture tidak masalah

sy dr,dava dent komen sy valp sangat bagus bwt g
g lepasan tp wna bsa brb kl kna panas mungkin 9 at 1th hrs di poles

Hello Dok, saya taufik di jakarta, dok saya ingin buat valplast utk gigi 6,7 di geraham kanan bawah, karena itu satu sisi apakah ada masalah untuk cengkraman GTL nya? apakah Dokter bisa kasih saya rujukan di jakarta tempat buat yg rekomended di jakarta ? kalo bisa yg harganya reasonable Dok ! thanks a loot !

halo jg taufik, valplast baik untuk gigi geraham, tp yang anda maksud GTL dimana? kalo GTL di atas tidak mempengaruhi valplast dibawah, selama kontak oklusi diperhatikan, jika gigi 8 kanan bawah tidak ada lagi maka itu kontraindikasi krn nanti menjadi tidak stabil,mksh

Hello Dok,

Saya mau tanya:
1. Jika gigi yang tanggal lumayan banyak (atas depan =4; kanan bawah dan atas=masing-masing 3; kiri atas=2; kiri bawah=3), gigi palsu yang direkomendasi?dengan kawat atau Valplast?Implant enggak dulu dech, belum ada dananya hoho
2. Apakah Valplast bisa digunakan untuk gigi palsu atas dan bawah?
3. Rekomendasi dokter gigi spesialis gigi palsu di Jakarta donk?

Terima kasih sebelumnya

Hallo Dok,

saya mau tanya,apakah full denture bisa dibuat dari valplast?tapi gusinya sudah rendah.apakah nanti bisa stabil? terimakasih ya dok.

>anonim, 1.sepertinya gigi yang ilang banyak bgt ya.. yang atas ada 9 gigi n yang bawah 6 gigi, kalo pake valplast mungkin bisa untuk rahang bawah aja itupun dengan syarat masih ada gigi gerahamnya, kalo free end ngga bisa dech,, ntar ngga stabil n mudah lepas. 2. valplast bisa untuk rahang atas ada rahang bawah. 3.untuk rekomendasi dokter maaf ngga bisa,, maksudnya ngga tau yang di jakarta,, sory yaa


>Emily,valpast untuk full dentur jangan deh,, ngga bisa coz ngga ada daya adesi ke gusi,, ntar gampang jatuh r lepas,, paling bagus akrilik aja untuk full,,

Dokter tolong ty.Berbahayakah jika gigi palsu dari bahan akrilik ato valplast tertelan?Apa bisa gigi palsu dari bahan akrilik (jika tidak pake kawat) ato valplast tersebut larut dalam lambung jika tertelan?Terima kasih sebelumnya.

Rita

dok..saya ingin menanyakan..apakah saat pemasangan valplast boleh direndam terlebih dahulu diair hangat??soalnya saya pernah bertanya ke tekniker nya..kalo valpast nya ndak usah direndam terlebih dahulu di air panas supaya gampang dilepas dari mulut pasien..jadi haruskah valpast direndam diair panas atau sebaliknya??

etricci

>rita, wah tertelan ya? ya harus dikeluarkan gigi palsunya,, tentunya berbahaya jika nyangkut di tenggorokan dan ataupun tertelan ke lambung tidak bisa dicerna oleh zat lambung

>etricci, pemasangan dengn air hangat sangat membantu untuk menambah kelenturan valpalst, pasien lebih nyaman dan jika ada longgar maka valpls lebih gampang disesuaikan bentuknya dengan air panas,,,

hallo dok..

saya Ghe, dari padang..
saya ingin mengetahui seluk-beluk tentang bahan valplast lebih banyak lagi.
kira2, dokter ada anjuran referensi yang lain ttg valplas selain keterangan yg ada d blog dokter ini??

sebelumnya, saya ucapkan terima kasih y dok..^^

>Ghe,, valplast ini bahan yang unik jadi hanya aku pelajari langsung dari pasien, krn pasien adalah guru yang terbaik, referensi kl text book aku gak ada,, :)

ass wr wb
bagaimana pengalaman ts tentang valplast yg dikombinasi dg frame, kombinasi valplast dg pame dapat utk gtl dan hasilnya cukup bagus diberdasarkan pengalaman ts saya, apaka pernah menggunakan kombinasi valplast dan frame utk gts

waalaikum slm meela, valplast kombinasi frame saya belum pernah coba, kalo bagus hasilnya bisa tuh diterapkan,, oke tuh bagi tmn sejawat yg pernah pakai bisa sharing disini,,:)

drg thoriq. sy mempunyai pasien kehilangan gigi 11 dan 21, saya anjurkan untuk membuat valplast dengan cengkeraman di gigi sebelahnya dan plat palatal berbentuk U sepanjang gigi P2,
Tetapi hasilnya, setelah 1 hari pasien mengeluhkan jika digunakan terutama bagian plat palatal di tekan dengan lidah.akibatnya valplast menjadi longgar.Setelah sy cek, valplast menempel secara bagus di rongga mulut. tetapi jka pasien menekan2 plat dengan lidah,valplast turun/longgar,Menurut drg thoriq, apakah cengkeramnya perlu di perluas atau bgmn,Trimakasih atas masukannya,Drg ani

drg Ani, plat yg anda desain udah bagus dan mencukupi untuk retensi, mungkin waktu insersi anda kurang memberi tekanan,

coba anda rendam valplast ke dalam air panas selama 20 dtk, kmdn beri tekanan valplast tsb dimana yg dirasa longgar, mgkn bisa didaerah P1 P2, lakukan berulang sampai tidak longgar lg,, slmt mencoba

Dok, tolong tanya kalo pake valplast apa harus dilepas pada waktu tidur? kalo pasang 1 valplast untuk gigi depan atas berapa cm lebar perlekatannya ke langit2 mulut?

Dok, Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas hadirnya blog ini, Mav dok apakah penggunaan valplast bisa digunakkan untuk 2 gigi bawah paling depan saja atau kah kita menggunakkan frame metal?? dari segi kenyamanan dilihat dari sisi penggunaan kayaknya valplast praktis tanpa ada bahan metal dan kawat yang menggangu pada saat berbicara. Pertanyaannya manakah yang paling baik valplast / frame metal untuk 2 gigi bawah paling depan dan apakah valplast pada saat kita makan akan terlepas dari rahang serta daya tahan valplast biasa berapa tahun?? Terima kasih...

> valplast tidak harus dilepas, jika dilepas tdk perlu direndam dlam air sebagaimana akrilik
untuk lebar plat sekitar 1-2 cm tergantung langit2 pasien

>candra, untuk 2 gigi insisiv bawah bisa dipakai valplast krn lebih nyaman n estetik lebih bagus drpd metal frame, valplast sangat kuat jika anda benar insersinya, dan tidak mudah terlepas jk makan

kekuatan valplast sgt baik, krn lentur n tidak patah, makasih telah berkunjung di blog ini..

free end bilateral ra yg trsisa cm 3 gigi 1.1, 2.1, 2.3 bs tdk dibuatkan valplast dok? Makasih

kalo free end paling baik pakai akrilik,, valplst tidak stabil untuk free end

alo dokter saya mo tanya pasien saya memakai valplast udh 6 bln kemudian dia mengeluhkan kenapa permukaan palatal valplast menjadi kasar...kira2 apa ya penyebabnya? saya kirim ke lab lagi di poles ulang tp beberapa bulan kemudian begitui lagi trimakasih ats infonya wasalam

dok, saya mau tanya. gigi saya bagian depan bawah tanggal 3, jadi tingal gigi taring yang di bagian bawah depan.
saya menginginkan gigi palsu yang permanent. nah, apakah itu bisa dok? dan kira2 biayany berapa dok?

terima kasih.

dok, saya mau tanya, jadi kalo kasus freeend baiknya ga pake valplast ya? jadi pilihannya akrilik? Trus kalo valplast pas insersinya giginya ada yang TO atau sayapnya ada yang kepanjangan gimana, apa boleh di bor spt akrilic? Trims dok

kasus free end sebaiknya pakai akrilik krn lebih stabil dan ada daya adhesinya, pada waktu insersi valpast boleh digrinding dengan low speed untuk menyesuaikan, sayap yg kepanjangan sebenarnya tidak masalah selama tdk menyebabkan sakit atau rasa terjepit ginggivanya

Kasus free end Bilateral Pakai Metalframe kombinasi dengan Valplast bagus banget...

oke trimakasih infonya,,
pengalaman di praktek ya,, boleh jg diaplikasikan tuh,,

buat ts yg pernah pake metalframe combined valplast untuk free end, tolonh dong dijelasin gimana designnya...thanks

saya pakai valplast kok sakit sewaktu mengunyah makanan?

Dok, kalau dokter gg saya, (sudah senior di Jember)... kok masih tidak menyarankan penggunaan valplast ya... karena garansi belum tentu bisa, karena jangka dua/2 tahun, pernah ada laporan valplast menjadi bau... salah satunya karena mulai ada pori di valplast setelah sekian lama... apa betul....
terimakasih....
Rino

valpas ataupun gigi palsu akrilik akan menjadi bau jika tidak/jarang dibersihkan, bisa berubah warna, bisa terkumpul plak, dsb,,, jadi perawatan setiap hari mutlak diperlukan

pagi dok, saya mau tanya apakah valplast kalo mau tidur harus dibuka? karena ditakutkan tertelan pada saat tidur.. apakah gigi valplast itu ada perawatan khusus

Penggunaan Valplast (Flexi Denture) sedang marak belakangan ini, khususnya dalam pembuatan Gigi Tiruan Lepasan Baik Sebagian maupun Penuh.
Namun sesungguhnya penggunaan Valplast yang elastis, insersi mudah, karena mudah dirubah-rubah bentuknya, membuat Valplast ini tidak Passively FIT pada ruang edentulous
Keadaan yang tidak PASSIVE FIT ini membuat resorpsi tulang alveolar akan berjalan cepat Sehingga hal ini tentunya merugikan pasien.
Tapi Valplast mempunyai kelebihan dari segi estetik dan kenyamanan pasien, sehingga hal ini pun tentu harus dimanfaatkan.
Metal Frame yang dikombinasi Valplast, Jenis ini baik dari segi estetis, kenyamanan dan juga dapat menghambat terjadinya resorpsi tulang alveolar (walaupun masih terjadi tapi relatif lebih sedikit daripada valplast)
Kelebihan dari metal frame adalah kita bisa memodifikasi disainnya sehingga tidak full menutupi jaringan lunak, misalnya disain bar.. Disain yang seperti ini justru menyebabkan kenyamanan pada pasien. dan sekarang ini pilihan logamnya udah banyak banget ajeng. Bisa digunakan bahan dasar metal titanium.
Masalah leher logam sering menyebabkan karies, kalo kombinasi dengan valplast, nanti cengkeram-cengkeram yang di servikal gigi itu diganti dengan bahan valplast, jadi sama seperti kalo buat full valplast.

Dok,ada gak bahan yang seperti valplast tapi untuk kasus free-end unilateral? Mohon dijawab ya,dok.

to anonim:
kasus free end unilateral bisa menggunakan valpast kombinasi metal frame, udah banyak kok di dental lab yg bisa membuatkan itu,,,,

to drg dwi sastrawan:
trims koment nya,,

Salam Dok,
Semasa kecil saya jatuh bgn depan mulut (gigi depan berjumlah 2 buah) terkena benturan dan patah. Dan umur 26 Tahun saya ke dokter gigi untuk memeriksa benjolan di langit2 mulut dan diagnosa dan hasil lab dokter mengatakan benjolan tersebut adalah kista dan gigi depan tersebut harus dicabut kemudian diganti dgn gigi palsu akrilik. hny sekarang gigi palsu tersebut patah dan terkesan jelek. Apakah saya bisa menggunakan valpast? Mohon sarannya.
Terima kasih

Hai Dok..
Adik saya mengalami Kecelkaan dan kehilangan 6 Gigi Atas..Klo Varplast efek dan perawatannya gmn dok..dan untuk gigi palsu yang terbaik wat menggantikan gigi yang hilang itu enaknya pake varplast,akrilik atao dental bridge yah dok..soale bingung jg nih..adik saya umurnya 24 tahun

Thanx yah dok..semoga dijawab :-)

Vrizza Anggraini

to anonim:
kista tersbt sebaiknya di sembuhkan terlebih dahulu, untuk gigi palsu bisa pakai valplast, atau bisa menggunakan dental bridge

to vrizza:
bisa pakai akrilik dan valplast, tapi anda tidak menyebutkan gigi apa aja yg hilang, jika ke6 gigi yg hilang itu gigi seri, maka gigi palsu bisa dikombinasi dengan valpalst dan metal frame

hai dok,,,
ada pasien saya, setelah 3 bulan memakai valplast dia mengeluh GTnya terasa longgar.. bgaimana cara mengatasi Valplast yg longgar?? Bisakah direlining atau rebasing?

menanggapi pertanyaan saya yang sebelumnya dok
gigi yang hilang di right maxila no.4 - no. 9
gigi atas yah dok..
klo pembuatan valplast ditmpat dokter brp untuk ke-6 gigi tersebut n biayanya brp dok..
-vrizza-

to drg.shake, mengatasi valplast longgar bs menggunakan air panas, rendam sebentar kemudian pada bagian yg longgar di tekuk lg, memmg sifat valpalst bisa kembali lentur jika direndam air panas, ttp jika di relining/rebasing mgkn ga bisa coz aku pernah tanya lab nya ga bisa ngerjain,,

to vrizza, untuk ke6 gg tsb sebaiknya pakai akrilik saja, coz gg tsb full fungsinya buat pengunyahan, ttp saran ini jgn untk patokan, krn bisa tergantung pemeriksaan gigi ybs, jd sebaiknya tetap konsultasi scr lgsg aja,, untuk biaya bisa variasi di tiap Drg,,maaf sy tdk bisa sampaikan d sini,,

dok, sy baru lulus drg. ajarkan desain gigi tiruan valplast dan metal dong. pasien sy hanya tinggal P1 di maksila dan 4 gg anterior di mandibula. apa yg hrs dibuat stlh pencetakan? btk.

SELAMAT SIANG, SENANG SEKALI NEMU WEB INI...SY MAU TANYA PASIEN SAYA USIA 78 THN,ADA DM TERKONTROL DAN TIDAK TERLALU TINGGI , KEHILANGAN GIGI 35, 36, 37, 38, APAKAH BS DIBUAT GTS DGN VALPLAST ATAU KOMBINASI VALPLAST DGN FRAME, ATAU ACRYLIC? TKS

Askum mau tanya saya umur 24 tp gigi copot satu mau pasang valplast tp malu banget kalau malam kan perawatannya harus di lepas? gmn dok solusinya.........................

drg thoriq,valplast yg mulai terasa longgar/turun setelah dipakai lebih dr 5 thn, apakah msh bs diatasi hny dgn merendam dlm air panas dan kemudian ditekuk pd bag yg longgar saja atw hrs dibuatkan yg baru? -thanks dok

dok, sy baru lulus drg. ajarkan desain gigi tiruan valplast dan metal dong. pasien sy hanya tinggal P1 di maksila dan 4 gg anterior di mandibula. apa yg hrs dibuat stlh pencetakan? btk.
jawab:
kalo hanya p1 di maksila sudah indikasi pemakaian bahan akrilik disertai klamer
4 gigi anterior di mandibula juga mengunakan akrilik saja, tentunya di cek tinggi gigitnya bagian posterior atas menggunakan bite plate dan bawah menyesuaikan


SELAMAT SIANG, SENANG SEKALI NEMU WEB INI...SY MAU TANYA PASIEN SAYA USIA 78 THN,ADA DM TERKONTROL DAN TIDAK TERLALU TINGGI , KEHILANGAN GIGI 35, 36, 37, 38, APAKAH BS DIBUAT GTS DGN VALPLAST ATAU KOMBINASI VALPLAST DGN FRAME, ATAU ACRYLIC? TKS
Jawab:
dengan pasien DM biasanya lebih banyak terjadi resorbsi tulang alveol, jadi sebaiknya menggunakan akrilik/valplast dan dikombinasikan metal frame

Anonim:Askum mau tanya saya umur 24 tp gigi copot satu mau pasang valplast tp malu banget kalau malam kan perawatannya harus di lepas? gmn dok solusinya.........................
JAWAB:
Anda bisa menggunakan gigi tiruan jembatan (GTJ) yang penggunaan secara permanen dan tidak perlu di lepas lagi, warna dan kekuatan bisa sesuai dengan gigi aslinya dalam hal ini
berbahan porcelain



Tanya: drg thoriq,valplast yg mulai terasa longgar/turun setelah dipakai lebih dr 5 thn, apakah msh bs diatasi hny dgn merendam dlm air panas dan kemudian ditekuk pd bag yg longgar saja atw hrs dibuatkan yg baru? -thanks dok
JAWAB:
mungkin hal tsb sudah terjadi resorbsi tulang alveol, maka sebaiknya dibuatkan yg baru dengan menggunakan kombinasi metal frame

salam kenal dok saya drg stefen dari sumut.apakah valplast bisa dibuat utk kasus free end unilateral?- udah saya jelaskan kpd pasien kalo nantinya bakl ga stabil tapi pasiennya ngotot..utuk elemen 46,45,44 dan 34,35..thx dok

Dok referensi pasang Valplast di Sby dimana?
email saya ya dok,, a_said_z@yahoo.co.id

Selamat Siang dok, mau nanya nih, apa benar valplast dapat mempercepat penyempitan tulang rahang..? soalnya saya pake valplast dan rencana mau implan.. trims

pagi dok,..
mau nanya dok, klo valplast tuh prosesingnya gmn sih? apa sm dgn akrilik biasa?
trima kasih

dok, saya maw nanya...apa valplast bisa direparasi tambah 1 gigi ? trs kalo kasus pasien saya RA kelas IV kennedy dengan gigi yang tersisa hanya 16,17, 24 dan 27 bisa ga dibuatin valplast tapi hanya dengan 1x cetak? makasii

Malam dok, mau tanya,istri saya dua gigi seri yang paling depan satu menghitab karena keropos dan satunya lagi patah vertikal separuh. Beberapa kali ditambal dengan resin sewarna gigi,tetapi hanya tahan tidak sampai setahun sudah lepas lagi. Sekarang sudah ditambal lagi, tetapi resin tambalannya terkikis di bagian bawah sehingga tidak sama tinggi dengan gigi yang tersisa. Sementara gigi sebelahnya juga demikian, hanya bagian hitamnya semakin lebar sehingga warna tambalan juga tidak sama lagi dengan gigi tersisa.hal ini sangat mengganggu penampilannya. Kemudian posisi tengah gigi dia juga tidak tepat ditengah, agak miring ke kiri. Mungkin karena gigi dia besar2 sedangkan rahang atasnya tidak menyediakan tempat untuk giginya.. Bagian taring juga gingsul kedepan, sedangkan gigi sebelum taring (disebelah gigi yang menghitam) tsb mundur kebelakang. Pertanyaan saya,apabila gigi yang patah, kemudian sebeLahnya yg menghitam,kemudian sebelahnya lagi yg mundur dan taring yang gingsul tsb dicabut, kemudian diganti dengan valplast apakah memungkinkan? Semua berjumlah 4 gigi berderetan. Kalau memungkinkan, demi estetika, apakah mungkin hanya valplast saja,tidak dengan kombinasi metal pada plat palatal,sebab bagaimanapun warna metal tidak sama dengan warna langit2, dan masih visible jika dilihat dari sudut tertentu. Kemudian, apakah lebar plat palatal akan terus sampai ke belakang,seperti plat oada full denture? Apakah masih cukup kuat untuk menggigit roti atau makanan2 lain yang tidak terlalu keras? Selama ini istri juga menghindari menggigit dengan gigi depan karena takut tambalannya lepas lagi.
Maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak ya dok.
Terimakasih sebelumnya. :)

dok, saya di jakarta mau pasang gigi palsu yang bagus dan berkwalitas dgn bahan varplast yg bagus bahanya, dimana ya alamatnya?
mohon alamatnya dikirim ke email saya o_king22@yahoo.co.id, trims.

dok kalo bahan valplast bs di beli dmana ya?saya di palembang..belom ada yang jual di sini..

pagi dok, saya mau tanya, untuk valplast, apabila sebelumnya pasien dilakukan pencabutan gigi terlebih dahulu, sebaiknya pemasangan valplast nya kapan ya dok?

Valpalst diproses dgn suhu yang panas, bahan berupa seperti biji plastik yang dikompres dengan tekanan tinggi,jadi tidak sama dengan akrilik

terima kasih sebelumnya atas sharing ilmu nya, dok. Saya mau tanya mengenai kasus pasien saya kehilangan gigi 36, 45,56. saya ingin membuatkan valplast dengan masing2 untuk elemen 36, dan terpisah untuk 45,46. jadi ada 2 valplast, masing2 utk kiri dan kanan. apa bisa dibuat seperti itu dok? karena pasien ingin yg efisien, tapi utk dibuatkan bridge juga menolak karena harus merelakan gigi sebelahnya yang masih sehat utk direduksi. terima kasih..

Maaf, Dok, saya Fajrin, ingin menanyakan kekuatan tekan valplast saat dipakai mengunyah. Apakah lebih besar/kecil dp akrilik? karena valplast lebih lentur, apakah saat kekuatan gigit besar, valplast bisa berubah bentuk dan rusak? Mohon penjelasannya. Trimakasih, Dok..

Siang dok...Saya mau tanya, gigi saya tanggal satu bagian depan atas, saat ini saya memakai gigi palsu yg dari tukang gigi dan menggunakan kawat, tp sampai skr saya kurang nyaman saat makan / berbicara krn terkadang lepas karena longgar, apakah bisa saya ganti dengan valplast? terima kasih dok

siang dok..mw tanya..utk kasus missing teeth 34,35 dan 45 apakah bisa dengan valplast saja atau harus kombinasi dengan metal frame? trmksh..
SHA,drg

halo dok, saya irfan dari plmbng, saya cuman mau tanya aja gigi depan 1 berapa ya harga nya, atau minimal nya berapa? thanks!!

Asslm,dok mau nanya secara garis besar perbedaan bahan valoplast dan lucitone itu apa?terima kasih sebelumnya

Sore dok... utk gigi dmn khilsngannya pd 31.32.42.42.43 apakah bs menggunakan vlplast,? Apkh ada kontraindikasi jika ridge nya rendah?

ass. sy prnah bikinkan pasien valplast pd gigi 35,36 juga 45,46 tapi pasien mengeluh kesakitan pas insersi krn tlalu cekat, gusi terjepit. pdhl sblm insersi sdh direndam air panas. gmn solusix dok krn sdh 2 pasien begitu dan pd gigi yg sama,psn jd tdk bs pake valplastx. apa krn daerah itu lengkungan rahang ya dok? thanks, drg.mita

dok maw nanya, saya maw kan maw bkin gigi valplast .(pasien, bukan dokter saya)
klo tidur kan bole dilepas, nah pas maw masang apakah mesti di kasi air panas dlo? atau itu hanya untuk pemasangan pas pertama kali?
terus lepas pasangnya ribet ga si?

selain valplast ada bahan alternatip lain yaitu dental d, di jakarta hanya ada di lab kami panasia lab. untuk lebih jelasnya silahkan mampir ke www.dentallab.b6863.com

Dok,saya drg.dina di sby..mau tanya,saya ad px kehilngan 1 gigi anterior atas,prnh pake valplast 2x,yg prtama patah kmudian dia buat lg tp bgtu dipakai px merasa jd cadel..itu knpa y?apa karna plat palatal trlalu tebal?apa bs dikurangi?makasi dok..

dok saya mau tanya, saya lagi menyusun skripsi mengenai valplast dan akrilik. menurut dokter perbedaan desain dari valplast dan akrilik itu apakah hanya di bagian cengkeram saja atau gimna? dan perbedaan lain selain untuk estetik apa saja? terimakasih :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Ass dok...
Saya sarah dari palembang, Saya mau tanya, gigi saya tanggal satu bagian depan atas, saat ini saya memakai gigi palsu yg dari tukang gigi dan menggunakan kawat, tp sampai skrng ini saya kurang nyaman saat makan / berbicara krn terkadang lepas karena longgar, apakah bisa saya ganti dengan valplast? Dan berapa harga pemasangan valplast, apakah di palembang sudah ada untuk pemasangan valplast,,
Tolong bls ke email saya ya dok,
Sarah.agil.SA@gmail.com
terima kasih

Mohon maaf ingin menambahkan, sekarang untuk kasus free end bisa memilih thermosens dok. Terimakasih

Ass wt.wr
Saya rizqy dok..
Gini dok gigi Graham bawah saya sudah bolong trus udah keliatan gusi nya dari tengah tengah lubangnya dok..
Sakit nya gila kali dok.. Aku mau mintak saran dari dokter bagaimana jalan keluarnya ini.. Harus di cabut atau di pertahankan di.. Kok di pertahankan gak sanggup lagi dok nanggung sakitnya

Dok mau tanya gigi depan hilang 4 apakah yg cocok menggantikan yg patah akrillik lama saya? Apakaha boleh pake lem alteco?

Assalamualaikum
saya nova.. Mau tanya dok
gigi depan atas saya patah sampai 3 akibat kecelakaan jatuh di sekolahan saya.. Tetapi masih ada sisa giginya tidak ompong banyak.. Itu solusinya gimana ya dok? trimakasih

Assamu'alaikum, dok, 2 gigi berjejer geraham kanan bawah saya udah lepas, 1 gigi geraham kiri bawah bolong hambir abis, 1 gigi geraham kiri atas bolong jg, gimana cara mengatasinya dok, buat makan susah,? Apa perlu pemasangan gigi palsu? Dan klo pasang sebaiknya pake yg apa dok? Terima kasih

Pagi dok,mau tanya kalau gigi palsu akrilik ketelan bisa dicerna gak ya?cuma 1pc aja ketelan waktu minum obat,gimana solusi nya dok?

Kasus free end Bilateral Pakai Metalframe kombinasi dengan Valplast bagus banget...

Harus jaga gigi dan gusi tetap sehat nih biar ga pakai gigi palsu!

Dok saya hamba allah saya mo nanya knp yh sy pas make akrile gusi saya sering berdarah

Dok maksudnya free end tu apa? Tdnya cm mau baca gamau nanya tp ga ngerti..hehe.. klo depan tengah 4 bs pk valplast ya? Kekurangannya apa ya?mksh

Dok maksudnya free end tu apa? Tdnya cm mau baca gamau nanya tp ga ngerti..hehe.. klo depan tengah 4 bs pk valplast ya? Kekurangannya apa ya?mksh

Dok,, apa berbedaan valplast dan lucitone??? Gigi dpn saya tanggal 2 smpe akar2nya akibat kecelakaan. Bingung mau plih yg mana. Kl permanen blm sanggup di biaya. Hehe. Trm ksh dok...

Saya santo dok
Mau kalau mau pasang gigi valplast
Gigi atas 10.depan 5.kiri 2.kanan 3
Kira2 bs ndak y?

Terus kuat ndak y? (Takut copot)

Assalamu'alaykum dok. Saya yessica, umur 18. Mau tanya dok, saya pernah insiden patah di gigi depan atas (2 gigi paling depan bagian atas) (saya ga tau itu gigi berapa dok), dan sudah patah sekitar dari saya umur 9, hanya sampai sekarang hanya pasang gigi sarungan, cuma gigi saya sudah dikikis terus karna diperkecil. Gigi asli saya seperti gigi tupai (agak lebar dan sedikit panjang ke bawah) tapi saat sarungan ini berubah dan jelek, ukurannya pendek dan lebih maju :' , apakah gigi saya itu bisa dipasangkan valplast dok? Hanya dua gigi depan saja yang patah, yang lain normal dok. Terima kasih

Assalamu'alaykum dok. Saya yessica, umur 18. Mau tanya dok, saya pernah insiden patah di gigi depan atas (2 gigi paling depan bagian atas) (saya ga tau itu gigi berapa dok), dan sudah patah sekitar dari saya umur 9, hanya sampai sekarang hanya pasang gigi sarungan, cuma gigi saya sudah dikikis terus karna diperkecil. Gigi asli saya seperti gigi tupai (agak lebar dan sedikit panjang ke bawah) tapi saat sarungan ini berubah dan jelek, ukurannya pendek dan lebih maju :' , apakah gigi saya itu bisa dipasangkan valplast dok? Hanya dua gigi depan saja yang patah, yang lain normal dok. Terima kasih

Dok saya mau nanya untuk bapak saya planning implan.. proses perlu waktu lama.. gigi semua sudah di cabut tapi memakai gigi acrylic kesakitan jadi harus dipotong bagian atas terus memakai lem.. tapi kalai memakai lem dia seperti keracunan mual2 pusing kepala... kalau valplast bisa ndak ya dok untuk semja gigi.. makasih dok jawabannya

dok saya mau nanya gigi 37 hilang.gigi yang lain masih lengkap dan full..gigi 38 impaksi..apakah bs d buatkan valplast atau BW? kalau BW dengan memakai abutmen gigi apa saja ya dok?

Dok saya mau tanya kalau gigi bagian atas yang tidak ada 11 dan gigi bagian bawahnya 5 lebih baik pakai valplast atau akrilik terimakasih

Dok. Klo di bandung yg bagus untuk pasang gigi tiruan valplas dimana?
Utk pemasangan sampai selesai waktu yg diperlukan apakah lama.
Untuk 2 gigi depan atas bisa pake valplas.
Terima kasih doc

Dok apa beda bahan valplast & FRS? Lebih bagus mana dok? Recommended dokter pake bahan valplast atau FRS? Katanya valplast lama2 warnanya bisa berubah & mulut jadi bau ya dok?

halo dok..gigi saya geraham atas sisa satu..gigi geraham bawah hbs.apakh bisa memggunakan vpaplast?

Assalamu'alaikum dok..gigi sya tg bagian atas kebanyakan sdah rusak semua dok. Yg terhitung bagus tinggal 3 d bagian depan atas selebihax rusak kira2 klo sya psang gigi palsu yang valpast bisa tdk dok... K na jujur slama gigi sya rusak sya mengalami kesulitan untuk makan khususx dlam hal mengunyah dok.. Mohon bantuannya dokter... Trima kasih banyak sbelomnya Wassalamu alaikum

Sore Dokter, saya pria usia 58 thn, kehilangan hampir semua gigi graham atas dan bawah + 2 btg gigi depan bawah( disamping taring)
Rencana mau pasang gigi tiruan Valplast, apa kira2 bisa? 1 tonggak gigi graham kanan masih ada ( dan tajam)
Dulu saya pernah pakai yg akrilik tapi patah, apa bisa valplast bikinnya bertahap, umpama rahang bawahnya dulu?
Terima kasih Dokter 🙏🙏🙏

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

siang dok. saya dian dwi lestari
usia saya 23th 2th lalu saya tambal gigi, nah setalah itu gigi tambalannya lepas secara perlahan lahan pas hari minggu tgl 24/11/19 tambalan saya lepas semua. jadi gigi saya pada nyeri gitu yang bekas ditambel. akhirnya saya ke dokter gigi sekalian saya bersihin karang gigi, nah pas gigi saya yang bekas ditambelkan bolong tuh pas dibersihin posisi giginya udah oglek gitu, kata dokternya si ini ga bisa langsung ditambel. harus pakai saluran akar gitu. jadi gimana ya ? saya bingung lebih baik dicabut kemudian diganti gigi palsu atau tambel dok ?

Assalamualaikum dok, saya mau konsultasi, gigi bawah saya paling depan copot karena keropos n karang dan gigi kanan kirinya juga sekarang kondisinya tidak bagus sudah sedikit goyang n sudah menipis hampir patah, total jadi 4 gigi bawah paling depan, saya mau tanya untuk prmasangan gigi palsu yg cocok apakah valplas atau valplas plus metal ya dok mohon sarannya

Saya mau dimana sya buatnya, sedangkan posisi saya di sumatera bagian selatan oku timur...?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Assalamu alaikum..
Dokter,saya kehilangan 2 gigi atas saya sebelah kanan depan(samping gigi seri).
Dokter menyarankan untuk dicabut karena sudah rusak berat. Setelah dicabut saya langsung minta dibuatkan gigi tiruan valplast,tetapi setelah saya gunakan malah gusi saya ada yg luka. Jd saya lepas dan nunggu sembuh lukanya. Kemudian sya rasakan gigi sampingnya yg depan sperti goyang. Keadaan gusi saya yg tidak ada giginya jg sperti tidak rata dengan yg lainnya,cenderung ke dalam. Posisi gigi atas saya juga tidak simetris,cenderung ke sebelah kanan.
Saya sangat terpukul dg keadaan ini,saya menjadi tidak percaya diri.
Untuk kasus saya,gigi tiruan apa yg cocok saya gunakan?
Terima kasih dokter

Dok saya pakai valplast utk satu gigi depan sudah hampir 3 THN, tapi skrg2 koq bagian langit2 nya terasa kasar dan mengganggu lidah. Kadang lidah menjadi iritasi. Apa harus ganti valplast atau gmn terapinya ???

Dok apakah pakai valplast membuat tulang rahang menyusut/mengecil?

Permisi dok mau ijin tanya, pasien saya baru dipasangkan gtsl valplast tp kerasa tertekan terus dan sakit di lingual awal memang terlihat pucat mukosa nya stlh saya kurangin dan tidak terlihat pucat pasien terasa nyaman tp stlh berapa laama mengeluh sakit lg dan sudah berulang 3x tiap sudah dikurangin terus landasannya.. baiknya gmn ya dok? Klo dikurangin terus landasannya saya takut malah jd longgar makaai dok

Posting Komentar